Pencarian

Senin, 07 Februari 2011

Berbaring Pada Sisi Badan Sebelah Kanan

Ketika seseorang tidur tengkurap, menurut Dr. Zhafir Al-Athar, "Sesaat kemudian, ia akan merasakan sesak nafas. Sebab, beban punggung yang begitu berat mengahalangi dada untuk mengembang dan mengempis saat menarik dan mengeluarkan nafas. Posisi tidur seperti ini juga dapat menyebabkan kebengkokan secara paksa pada ruas tulang tengkuk serta gesekan alat kelamin dengan tempat tidur yang mendorong untuk melakukan onani atau masturbasi. Selain itu, posisi tersebut dapat membuat jantung dan otak semakin bekerja keras."

Adapun terhadap telentang, sebagaimana pendapat Dr. Al-Athar, dapat menyebabkan pernapasan melalui mulut. Sebab, mulut akan terbuka tatkala tidur telentang. Ini di karenakan adanya kelonggaran pada rahang bagian bawah. Padahal, hidung adalah alat yang telah dipersiapkan untuk bernafas yang di dalamnya terdapat rambut dan ingus. Keduanya berfungsi membersihkan udara yang masuk. Selain itu, dalam hidung juga terdapat banyak pembuluh darah untuk menghangatkan  udara.

Tidur pada sisi sebelah kiri juga tidak di benarkan. Sebab, hati berada di bawah tekanan paru-paru sebelah kanan yang lebih besar ukurannya di bandingkan paru-paru sebelah kanan yang lebih besar ukurannya dibandingkan paru-paru sebelah kiri. Hal itu dapat mempengaruhi tugas dan fungsi paru-paru, khususnya bagi orang yang berusia lanjut. Bagian lain yang ikut terkena imbasnya adalah perut. Perut yang terisi penuh akan terhimpit. Himpitan itu pun akan mengenai jantung dan liver. Liver merupakan isi perut yang paling berat dan posisinya tidak kokoh. Ia hanya tergantung pada ikatan yang ada pada sisi sebelah kanan. Akibatnya, ia akan menghimpit jantung dan perut yang menyebabkan terlambatnya pengosongan makanan dalam perut.

Jadi, tidur pada sisi badan sebelah kanan merupakan posisi yang benar. Sebab, paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada yang sebelah kanan, sehingga lebih ringan bebannya bagi jantung. Hati pun dalam keadaan stabil tergantung. Perut juga dapat beristirahat di atasnya dengan penuh relaksasi. Selain itu, lebih mudah untuk mengosongkan makanan yang ada di dalam perut sesudah mencernanya. Lebih dari itu, tidur pada sisi badan sebelah kanan dianggap sebagai tindakan medis terbaik yang memudahkan tugas batang tenggorokan rongga paru-paru kiri untuk mempercepat pengeluaran kotoran berupa ingus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar