Pencarian

Minggu, 03 Februari 2019

Review Buku Risalah Manajemen Dakwah Kampus


Review Buku Risalah Manajemen Dakwah Kampus
Judul : Risalah Manajemen Dakwah Kampus
Penulis : tim SPMN FSLDK
Penerbit : Gamais Press
Tahun : 2007
Tebal: 374 halaman

Sebelumnya, saya telah mereview buku Inspiratia Flava karangan Uda Yusuf, dan sekarang saya akan mereview buku yang juga memfokuskan tentang Dakwah Kampus, namun pada buku Risalah Manajemen Dakwah (RMDK) ini lebih kepada cara pengelolaan atau manajemen dari Lembaga Dakwah Kampus itu sendiri, dimana buku Inspiratia Flava lebih focus kepada narasi dari dakwah kampus dan dan juga berisi banyak tentang inspirasi-inspirasi dari pengalaman beberapa orang disana.
Buku ini merupakan buku yang dihasilkan dari sebuah tim gabungan dari LDK Salam UI dengan Gamais ITB untuk membuat suatu standardisasi pengelolaan lembaga dakwah kampus pada tahun 2004, dan pada tahun 2007 terbitlah kembali versi revisi yang menambahkan satu bab lagi, yaitu mengenai Akademik dan Profesi.
                Buku ini dimulai dengan dakwah dan juga definisi, beserta dengan turunannya yang saling berkaitan. Dilanjut pada bab-bab selanjutnya yang membahas tentang Levelisasi LDK, dimana LDK pada tingkat nasional memiliki klasifikasinya sendiri, yaitu pra mula, mula, madya, dan mandiri. Di dalam bab 2 tersebut dibahas tuntas mengenai kriteria dari tiap level LDK. Pada Bab selanjutnya, dibahas mengenai kaderisasi dan manajemen SDM LDK, yang didalamnya dibahas tuntas mengenai pengelolaan SDM, penerus estafet dakwah atau biasa disebut kaderisasi, didalamnya kita mengerti bahwa kaderisasi dan psdm ini merupakan hal yang vital karena langsung membicarakan tentang manajemen SDM yang ada di LDK ini.
Pada bab selanjutnya, terdapat bab mengenai Sistem dan Mekanisme Organisasi, yang di dalamnya di kupas tuntas untuk manajerial organisasi dalam LDK seperti AD/ART, lambing organisasi, GBHD, dan lainnya. Berlanjut ke bab selanjutnya, terdapat bab Sistem dan Mekanisme Kesekretariatan dimana didalamnya berisikan mengenai administrasi dan kegiatan arsip lainnya yang terdapat dalam organisasi LDK. Dan pada Bab selanjutnya mengenai Manajemen Syiar yaitu mengenai [pengelolaan dari aktivitas Syiar yang dilakukan LDK beserta dengan cara-caranya yang semestinya dilakukan, didalamnya juga terdapat media yang juga termasuk dalam Syiar secara luas.
Secara garis besar, buku inilah yang menjadi rujukan utama berdirinya LDK beserta eksistensinya. Karena sudah menjadi PR bersama ketika terdapat stagnansi lembaga dakwah kampus. Sangat recommended untuk para aktivis dakwah kampus khususnya bagi pengurus inti LDK.

1 komentar:

  1. What i do noot understood is if truth be told how you're
    no longer really mich more well-preferred than you might be
    now. You'reso intelligent. You know therefoore onsiderably in term oof this
    topic, made me for my part consider it from numerous varied angles.
    Its like women and men are not involved except it iss sometfhing
    to do with Girll gaga! Your individual stuffs excellent.
    All the time deal with it up!

    BalasHapus